Senin, 28 November 2016

Cara Agar Tulang Kuat

agar-tulang-kuat

Ketika seseorang terpancar secara langsung oleh sinar matahari, biasa orang yang akan lakukan adalah menutupi matanya, karena silaunya sinar matahari, atau menutupi kulit karena takut terbakar kulitnya, atau justru memilih berlindung dari benda benda yang menghalangi sinar matahari ke kita. Dari sekian banyak orang pasti  berbeda beda alasannya, mungkin ada yang takut kulit gelap, selain kulit terbakar, kanker kulit, mata katarak dan pasti masih banyak lagi alasan.

Sebenarnya dari sekian banyak alasan seseorang menghindari sinar matahari, sebenarnya matahari masih membawa efek baik bagi tubuh manusia. Yaitu sinar matahari adalah sumber utama vitamin D yang bisa merangsang pertumbuhan tulang.

Pertumbuhan tulang lebih cepat ketika usia masih kanak kanak, berbeda ketika sudah berumur 20 tahun lebih. Jika ketika masih usia kanak kanak tapi dia tidak mendapatkan asupan vitamin D dan  kurang olah raga yang teratur maka kemungkinan besar dia akan memiliki tulang rapuh, jadi setiap orang tua harus bertanggung jawab, harus memberikan vitamin D yang cukup.

Hadirnya penyakit tulang kropos tentu saja sangat mengganggu aktifitas setiap harinya. Hal itu bisa saja terjadi karena tulang berfungsi menyokong berat badan kita dan menjaga bentuk tubuh kita, selain itu juga tulang membantu kita untuk bergerak.

Ternyata masih ada hal yang harus di waspadai, karena bisa mengancam tulang, yaitu alkohol dan rokok, jadi hindari rokok dan alkohol agar tulang kita tidak cepat kropos.

Dari sebuah penelitian, ditemukannya bahwa sinar matahari ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Berikut ini adalah contoh contoh penyakit yang dapat disembuhkan oleh sinar matahari, tapi dibalik itu harus ada pengawas yang sudah ahli agar tidak ada kesalahan yang menimbulkan penyakit lebih parah lagi.

Luvus vulgaris
Penyakit luvus vulgaris ini menghasilkan borok besar atau luka besar di sekitar wajah dan leher. Penyakit vulgaris ini bisa di sembuhkan dengan lampu UVB atau pengganti sinar matahari.

Rakitis
Penyakit rakitis ini menyebabkan tulang si anak melunak karena tidak mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi.

Seorang anak bisa terserang penyakit rakitis karena dia kekurangan vitamin D. Karena vitamin D diperlukan dalam penyerapan kalsium dari makaann terus membawanya ke tulang. Jadi dengan adalah sinar matahari, penyakit rakitis bisa disembuhkan.

Tip agar mendapatkan vitamin D gratis dari sinar matahari

  • Jangan sampai kulit terbakar 
  • Gunakan tabir surya
  • Gunakan pelindung mata, sebagai contoh kaca mata hitam, karena jika mata terlalu lama terpapar sinar secara langsung, maka akan menimbulkan penyakit mata katarak 
  • Teratur terkena sinar matahari
  • Harus berada dalam pengawasan yang sudah ahli
 Jadi sekarang ini, setelah anda membaca artikel di atas, anda sekalian tidak perlu takut lagi dengan sinar matahari. Sebenarnya manfaatkan  bisa anda dapatkan dari sinar matahari , jika diatur dengan bijaksana. Jadi semua hal yang di konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek buruk baginya.

Tidak ada komentar :
Write komentar