Selasa, 22 November 2016

Cara Mengobati Sariawan


Sariawan adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi yang di sebabkan oleh bakteri yang ada didalam mulut. Walaupun sariawan bukan termasuk penyakit berbahaya, tapi jangan diremehkan.

Jika diremehkan maka seseorang yang terserang penyakit sariawan maka dia akan kehilangan nafsu makan sehingga kekurangan nutrisi yang menjadikan daya tahan tubuhnya menurun. Ketika daya tahan tubuh menurun, menyebabkan mudahnya terserang penyakit sariawan lagi. Begitu seterusnya.

Sebelum membahas cara mengobati sariawan, saya mau kasih tahu dulu penyebabnya seseorang bisa terserang penyakit sariawan.

1. Pertama tama karena seseorang suka bergadang, sehingga menjadikan tubuh kurang fit sehingga mudah terserang sariawan
2. Banyak pikiran / stress yang membuat tubuh kurang fit sehingga terserang sariawan
3. Kurangan vitamin C dan vitamin B
4. Kondisi mulut yang kurang bersih
5. Mulut terluka, bisa disebabkan karena mulut terkena makanan yang terlalu panas, atau makanan itu sendiri yang bisa melukai mulut karena terlalu keras.
6. Mulut terinfeksi oleh bakteri yang ada di mulut
7. Gigi palsu, kawat gigi dan benda asing masuk kemulut, gigi palsu, kawat gigi dan benda asing masuk ke mulut yang kurang sesuai dengan anjuran dokter bisa menyebabkan luka dimulut yang bisa menimbulkan sariawan lagi.

Cara mengobati sariawan dengan jeruk nipis
1. Potong jeruk nipis menjadi 4 bagian
2. Sediakan air panas 1gelas
3. Jeruk nipis yang sudah di potong potong tadi dimasukkan ke air panas yang sudah disediakan tadi
4. Masukkan gula pasir secukupnya
5. Tunggu hingga air panas yang dicampur jeruk nipis tadi sampai dingin, ketika sudah dingin boleh diminum
6. Minumlah secara rutin sampai sariawannya sembuh
7. Atau berkumur dengan air hangat yang di campur garam, sebab air garam bila digunakan untuk berkumur dapat mengeluarkan bakteri yang ada di mulut.

Seduhan jeruk nipis adalah minuman yang aman karena menggunakan bahan alami, jadi gak usah takut sama efek sampingnya, mungkin efek sampingnya ketagihan sama rasa segarnya, karena minuman ini cocok sekali ketika kita haus melanda dan lebih nikmat lagi jika dikasih es batu.

Untuk pencegahan agar sariawan tidak muncul lagi, maka:
1. Minumlah seduhan jeruk nipis kira kira seminggu sekali.
2. Jaga tubuh agar selalu dalam keadaan fit selalu
3. Hindari makanan terlalu panas dan makanan yang terlalu keras
4. Hati hati ketika menggosok gigi agar tidak melukai mulut
5. Hindari adanya benda asing di mulut seperti kawat gigi dan gigi palsu. Kawat gigi dan gigi palsu yang bukan anjuran dari doker bisa saja menggores mulut sehingga menimbulkan sariawan


Setelah sembuh dari sariawan masih ada lagi peluang bakteri untuk mengingfeksi mulut kita, agar tidak terjadi lagi maka harus dijaga kebersihan mulut, hindari makanan panas dan terlalu keras, hindari yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun, hindari benda asing di mulut seperti gigi palsu dan kawat gigi yang bukan anjuran dari dokter, mengomsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin B.

Tidak ada komentar :
Write komentar